Jumat, 28 Juni 2013

Keterbatasan Fisik, Okip Mampu Hasilkan Alat Canggih

Acara BUMN Innovation Expo and Award 2013 menampilkan berbagai produk inovasi karya perusahaan pelat merah. Salah satunya alat canggih pemotong ranting elektrik. Alat ini bisa memotong ranting yang menggangu jaringan listrik PLN.

Alat tersebut dinamakan 'AMPAR'. Alat yang digerakkan dengan baterai ini, mampu memotong ranting yang tinggi cukup dengan dibantu stick. Sebelumnya untuk memotong ranting, dibutuhkan tangga yang tinggi dan perlu personel minimum 2 orang.

Dengan adanya alat ini, 1 orang petugas bisa memotong dahan yang menggangu jaringan kabel bahkan hingga masuk ke pelosok desa atau saat kondisi hujan. Ternyata alat ini, ditemukan seorang Teknisi Jaringan Distribusi Area Cirebon yang memiliki keterbatasan fisik. Teknisi tersebut bernama Okip.

"Ini diciptakan 2010. Kami tertantang di Cirebon gangguan pohon tinggi. Kendala yang dihadapi konvensional. Untuk memtong harus pakai tangga 11 meter dan nggak cukup 1 orang. Pakai kendaraan roda 4 juga. Saya coba buat satu alat kasih nama Ampar. Nggak perlu pakai tangga dan bisa satu orang," ucap Okip kepada detikFinance di sela BUMN Innovation Expo and Award 2013 di JCC Senayan Jakarta, Jumat (28/6/2013).

Okip sendiri mengaku mengalami kecelakaan kerja pada tahun 2001. Akibat peristiwa itu, salah satu tangannya harus diamputasi. Okip pada kesempatan yang sama menjelaskan, alat ini telah digunakan di area PLN Jawa Barat. Bahkan telah memenangi kompetisi inovasi nasional antar pegawai PLN tahun 2012.

"Kalau saya punya prinsip, setelah saya terbatas fisik. Saya pengin buktikan PLN. Saya mencoba berbuat. Saya punya 7 inovasi sejak 2004. Masuk katagori nasional ada 4. Kalau yang AMPAR jadi juara 1 nasional bidang technical supporting (antar pegawai PLN)," tambahnya.

Sumber